Sistem
informasi manajemen adalah
sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal
suatu
bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia,dokumen,teknologi,
dan prosedur
oleh
akuntansi manajamen
untuk
memecahkan masalah bisnis seperti biaya
produk,
layanan, atau suatustrategi
bisnis.
Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa
karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang
diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis,
istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode
manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan
terhadap
manusia,
misalnya sistem
pendukung keputusan,
sistem
pakar,
dan sistem
informasi eksekutif.
Konsep
Dasar Informasi
Terdapat beberapa definisi, antara lain :
1. Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang
menerimanya.
Terdapat beberapa definisi, antara lain :
1. Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang
menerimanya.
2. Sesuatu
yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat
ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Sebagai contoh,
informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan naik, akan
mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi
akan dilakukan.
3. Data
organized to help choose some current or future action or nonaction
to fullfill company goals (the choice is called business decision
making)
Proses Manajemen
Proses
manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
- Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
- Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya.Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektifsesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
- Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternativedisebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Beberapa
manfaat atau fungsi
sistem informasi antara
lain adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2.
Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan
sistem informasi secara kritis.
3.
Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4.
Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung
sistem informasi.
- Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
Menurut
Muchtar A.F layanan adalah suatu sikap yang dapat mengakibatkan rasa
puas atau tidak puas yang dialami oleh konsumen pada saat terjadinya
proses tindakan. Sedangkan menurut Antonius Aditya & Onno Purbo,
layanan adalah sebuah produk yang memberikan solusi kepada
pelanggan(Carapedia, 2015). Dari dua definisi tersebut dapat
disimpulkan bahwa layanan merupakan suatu produk yang diberikan
kepada pelanggan bertujuan memberikan kepuasan terhadap solusi yang
diberikan oleh perusahaan. Kepuasan tersebut akan membuat pelanggan
mempertimbangkan perusahaan mana yang dapat memberikan value lebih
atas layanannya, karena pelanggan saat ini sudah semakin cerdas yaitu
telah menempatkan kualitas layanan pada urutan teratas mengalahkan
kualitas produk/jasa dalam hal pertimbangan untuk menggunakan/membeli
barang/jasa. Oleh karena itu, penyampaian layanan kepada pelanggan
juga tidak kalah penting untuk menjadi perhatian perusahaan. Karena
kepuasan pelanggan adalah bentuk tercapainya tujuan bisnis
perusahaan.
Mengelolah
atau manajemen layanan diperlukan ketekunan dan keahlian agar dapat
menarik perhatian pelanggan, dengan cara meningkatkan kualitas
layanan dan pelayanan salah satunya. Pelanggan akan cenderung memilih
perusahaan yang memberikan pelayanan dengan value lebih
dibandingkan perusahaan yang hanya menjual produk atau jasanya saja.
Pelayanan yang dimaksud adalah mulai dari pemesanan, pengiriman yang
tepat waktu dan tanpa cacat, hingga pemberian jaminan atas
produk/jasa yang dibeli oleh pelanggan.
Persaingan
bisnis saat ini sudah semakin maju. Masing-masing penyedia layanan
bersaing untuk memberikan layanan yang terbaik agar diminati oleh
pelanggan. Kemajuan tersebut didukung dengan adanya teknologi
informasi (TI) yang turut berkembang di era teknlogi saat ini.
Perkembangan
teknologi ini semakin hari semakin kompleks yang memungkinkan segala
sesuatu menjadi lebih cepat dan terjangkau hingga menyebabkan
pelanggan juga memiliki hak atas permintaan yang lebih beragam.
Keadaan ini membuat perusahaan memerlukan pendekatan yang lebih
fleksibel untuk integrasai antara layanan TI dengan layanan
konvensional perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya
yang serupa.
Integrasi
yang melibatkan layanan TI dengan layanan konvensional serta semua
sumber daya manusia tentunya akan membuat informasi yang dihasilkan
juga semakin banyak dan kompleks. Informasi-informasi ini dapat
digunakan oleh perusahaan sebagai sumber pengambilan keputusan atas
pengembangan bisnis yang dijalankan. Namun, tidak menutup kemungkinan
bahwa informasi yang sudah tersimpan rapi mengguanakan teknologi
informasi kerap kali hilang atau jatuh ke tangan yang tidak memiliki
hak semestinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan dan
pengontrolan terhadap informasi-informasi yang tersimpan.
DAFTAR PUSTAKA :
http://chttp://catatan-risma.blogspot.co.id/2015/10/standar-manajemen-layanan-dan-keamanan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen
http://duniabaca.com/pengertian-dan-manfaat-sim-sistem-informasi-manajemen.html
Link tugas ke 2:
http://sarahamanda12.blogspot.co.id/2016/03/itil-cobit.html
0 komentar:
Posting Komentar