Keindahan Surga Dunia Di Tanah Papua

Manusia
Manusia adalah makhluk ciptaan ALLAH swt yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya, karena manusia mempunyai akal dan pikiran untuk berfikir secara logis dan dinamis, dan bisa membatasi diri dengan perbuatan yang tidak dilakukan, dan kita pun bisa memilih perbuatan mana yang baik (positif) atau buruk (negatif) buat diri kita sendiri. Selain itu dapat diartikan manusia secara umum adalah manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosil. Karena bukan hanya diri sendiri saja tetapi manusia perlu bantuan dari orang lain. Maka sebab itu manusia adalah makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial.

Keindahan
Keindahan, sering diutarakan kepada situasi tertentu, arti kata keindahan yaitu berasal dari kata indah,artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan identik dengan kebenaran, sesuatu yang indah itu selalu mengandung kebenaran. Walaupun kelihatanya indah tapi tidak mengandung kebenaran maka hal itu pada prinsipnya tidak indah.
Keindahan bersifat universal, artinya keindahan yang tak terikat oleh selera perorangan, waktu, tempat atau daerah tertentu, bersifat menyeluruh. Segala sesuatu yang mempunyai sifat indah antara lain segala hasil seni, pemandangan alam, manusia dengan segala anggota tubuhnya dan lain sebagainya. Dalam bahasa Latin, keindahan diterjemahkan dari kata “bellum” Akar katanya adalah “benum” yang berarti kebaikan. Dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan kata “beautiful”, Prancis “beao” sedangkan Italy dan Spanyol ”beloo”.
Dalam arti luas meliputi keindahan hasil seni, alam, moral dan intelektual. Dan dalam arti estetik keindahan mencakup pengalaman estetik seseorang dalam hubunganya dengan hubunganya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Sedangkan dalam arti terbatas keindahan sangat berkaitan dengan keindahan bentuk dan warna.
Sesungguhnya keindahan itu memang merupakan suatu persoalan filsafati yang jawabannya beraneka ragam. Salah satu jawaban mencari ciri-ciri umum yang ada pada semua benda yang dianggap indah dan kemudian menyamakan ciri-ciri atau kwalita hakiki itu dengan pengertian keindahan. Jadi keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kwalita pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kwalita yang paling sering disebut adalah kesatuan (unity), keselarasan (harmony), kesetangkupan (symmetry), keseimbangan (balance) dan perlawanan (contrast).
Berikut keindahan yang luar biasa indahnya di tanah papua :


Carstenz Pyramid

Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam serta tradisi masayarakatnya. Kali ini, Carstenz Pyramid atau yang bisa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Puncak Carstensz ini merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania. Carstensz Pyramid gunung beratap salju di Indonesia yang berada di Papua banyak di impikan oleh banyak pendaki untuk bisa menjejakkan kaki di puncaknya. Selain karena dia adalah puncak tertinggi di Indonesia, para pendaki akan menemukan sensasi berbeda yang tidak didapatkan di hampir semua karakter gunung di Indonesia, yakni atapnya Indonesia ini beratap salju.
Tetapi salju ini diperkirakan akan menyusut dan mengering pada tahun 2024, hal ini disebabkan oleh pemanasan global. Perhitungan tersebut didasarkan atas analisis data empiris menggunakan pendekatan linier yang dikerjakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Jadi bukan tidak mungkin suatu saat pegunungan ini akan kehilangan salju seperti yang terjadi di Gunung Kilimanjaro, Afrika.
Puncak Carstensz Pyramid memiliki ketinggian 4884 M dpl ( 16023 ft ). Lokasi koordinatnya berada pada S 04°04.733 dan E 137°09.572, terletak di sebelah barat Central Highland yang disebut dengan Jayawijaya dan pegunungan Sudirman. Banyak yang mengira bahwa puncak Jayawijaya sama dengan Carstensz Pyramide, padahal kedua puncak ini bersebelahan letaknya.
Pada tahun 1623 Navigator dari Belanda John Carstensz menjadi orang pertama yang membawa kabar ke daratan Eropa tentang adanya puncak es di negara tropis di garis eografis equator Barat Papua Nugini. Hasil laporannya ditanggapi dengan gelak tawa oleh publik pada saat itu. Baru pada tahun 1899, selang 3 abad lamanya ekspedisi Belanda yang sedang membuat peta di situ membenarkan apa yang di sampaikan John Carstensz. Maka namanya di abadikan di situ.



Selanjutnya kita lihat dari keindahan laut dipapua bisa diibaratkan kita melihat surga yang ada didunia.......

Kepulauan Raja ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.
Raja Ampat tidak hanya menawarkan keindahan alam bawah laut, tapi juga daratan yang eksotis. Ada Desa Wisata Arborek yang menawarkan keasrian desa dan juga melihat terampilnya ibu-ibu membuat tas.
Terletak di Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat, Desa Arborek menawarkan wisata yang berbeda. Di atas tanah seluas 7 hektar, Desa Wisata Arborek dihuni oleh lebih dari 150 keluarga. Desa ini menjadi pelopor di antara 18 desa wisata di Papua Barat.
Dilihat dari situs resmi Pariwisata Indonesia, Selasa (22/5/2012) untuk menemukan keindahan alam Arborek tidaklah sulit, terutama alam bawah lautnya. Langsung terjun saja ke laut Arborek dari dermaga, aneka terumbu karang cantik telah menanti.

Jika ingin menyelam dengan sensasi lebih menakjubkan, Anda bisa memilih lokasi di tengah laut Arborek. Cukup dengan menaiki ketinting atau perahu bermotor selama 10 menit, turis sudah berada di lokasi penyelaman terbaik.
Selesai menyelam, keluarkan kamera Anda dan tangkap momen yang mungkin jarang Anda lihat, menyaksikan nelayan melepas jala. Atau yang lebih seru lagi, melihat nelayan menangkap ikan menggunakan tombak. Wow!

Tidak hanya perairan, Arborek di Raja Ampat juga asyik dinikmati dari darat. Berjalan menyusuri jalan setapak juga akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Sepanjang jalan Anda akan disapa dengan hangat oleh penduduk. Bahkan, tak jarang yang mengajak berkenalan.

Tarik napas Anda dalam-dalam, dan hembuskan perlahan. Nikmati udara bersih yang dihasilkan dari pepohonan rimbun di Arborek. Mungkin udara seperti ini akan sulit Anda temukan begitu kembali ke kota asal.
Selain keindahan alam bawah laut, masih banyak hal menarik yang bisa Anda temukan saat berada di Desa Arborek. Salah satunya adalah bercengkrama dengan penduduk asli Arborek yang terkenal ramah.
Sambil berbincang, Anda bisa melihat jemari para ibu yang lincah membuat tas dan topi dari pandan. Ya, para ibu Desa Arborek memang terkenal sebagai pengrajin topi dan tas. Jika tertarik, Anda juga bisa belajar membuat.
Tidak seperti kebanyakan wanita desa lain yang biasanya ikut membantu para suami sebagai nelayan, wanita Desa Arborek memproduksi tas dan topi sebagai pekerjaan pokok. Kebanyakan dari mereka menganggap pekerjaan sebagai pengrajin tas dan topi jauh lebih anggun untuk kaum wanita.
Untuk mencapai Desa Arborek, Anda bisa berangkat dari Sorong. Kemudian dilanjutkan mengunakan kapal motor dari Pelabuhan Perikanan Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Dari Waisai, perjalanan masih harus dilanjutkan selama kurang dari dua jam dengan menggunakan perahu panjang ke Desa Arborek.


Wah..rasanya saya ingin sekali kesana suatu saat nanti bersama para sahabat saya. Semoga postingan saya ini dapat menjadi referensi anda bila ada yang ingin berlibur ketanah papua dan jangan lupa untuk membawa persiapan yang lengkap agar liburan anda tidak mengecewakan :)

Daftar pustaka :

1 komentar:

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu