Nama : Sarah Amanda
NPM : 1A114025
NPM : 1A114025
Kelas : 1KA04
Ilmu Sosial Dasar
Pengertian
ilmu sosial dasar adalah ilmu yang didefinisikan berdasarkan suatu nilai dalam
kependudukan yang bertempat di satu Negara yang bisa menilai, menyimpulkan, dan
juga menganalasis suatu permasalahan yang ada di sekitarnya dengan
bersosialisai akan tetapi juga masih menggunakan suatu nilai yang
terpenting dalam ilmu sosial dasar yaitu fakta, konsep, dan teori nilai
tersebut semua diambil dari sejarah, ekonomi, geografi sosial,sosiologi,
antropologi, psykologi sosial.
Tujuan
Sebagai
salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan
pembinaan mahasiswa agar :
a.Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
a.Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam
usaha-usaha menanggulanginya.
c. Menyadari setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan
interdisipliner.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan
dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial
yang timbul dalam masyarakat.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
bisa
diartikan sebagai kalau ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari
tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan
kita dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang mempunyai rasa
nilai tenggang rasaan sesama manusia didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi
menjadi beberapa ilmu yaitu: sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi
semua itu besifat universal
Ruang
Lingkup Kajian IPS
Secara
mendasar, pembelajaran IPS berkaitan dengan kehidupan manusia yang melibatkan
segala tingkah laku dan kebutuhannya.
Pada jenjang
pendidikan dasar, ruang lingkup IPS dibatasi pada gejala dan masalah sosial
yang dapat dijangkau pada geografi dan sejarah, yaitu yang ada di lingkungan
sekitar peserta didik SD/MI.
Pada jenjang
pendidikan menengah dan tinggi, ruang lingkup kajiannya diperluas. Bobot,
keluasan materi dan kajian semakin dipertajam dengan berbagai pendekatan.
Ruang
lingkup kajian IPS :
1. Substansi
materi ilmu-ilmu sosial yang bersentuhan dengan masyarakat
2. Gejala,
masalah, dan peristiwa sosial tentang kehidupan masyarakat
Tujuan
IPS
Tujuan
kurikuler yang harus dicapai pada bidang studi IPS yaitu:
1.Membekali
peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan
masyarakat.
2.Membekali
peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun
alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
3.Membekali
peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan
dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
4.Membekali
peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan hidup yang
menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
5.Membekali
peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS
sesuai dengan perkembangan kehidupan, perkembanganilmu dan teknologi.
Ø Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu
Pengetahuan Sosial
Ilmu Sosial dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan sosial(IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Persamaan ISD dan IPS yaitu :
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Ilmu Sosial dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan sosial(IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Persamaan ISD dan IPS yaitu :
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah
sosial.
Perbedaan ISD dan IPS yaitu :
a. Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan
di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
b. Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan
sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah
lanjutan).
c. Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang
ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan
keterampilan intelektual.
Ø Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :1. kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara
bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
2. konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan
social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan
untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan
Sosial
3. masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam
berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya
berbeda.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar